Sarinah Menggelar Program Yuk Belajar Di Sarinah

Pada 5 – 20 April 2018 Sarinah menggelar acara Yuk Belajar di Sarinah, sebuah program wisata edukasional yang bertujuan untuk membangun soft skills para pelajar SMP dan SMA, di Plaza Sarinah Thamrin, Jakarta. Para pelajar diberikan kelas seni dan kerajinan traditional, dan ikut serta dalam berbagai kompetisi yang menguji kreatifitas mereka. Program ini membuka pendaftaran bagi SMP dan SMA hingga 13 April 2018, dan sekolah-sekolah yang berpartisipasi kemudian diundang oleh Sarinah untuk mengirimkan perwakilan sebanyak 19 pmurid dan seorang guru untuk acara tersebut. Lewat program ini, para murid disertakan dalam sejumlah kegiatan termasuk melukis, meronce, menenun dan membatik.

Sarinah juga mengadakan kontes video, kompetisi pengembangan cerita untuk Sarinah, serta sebuah kontes kreatifitas; perusahaan menyediakan berbagai hadiah di antaranya pakaian dan aksesoris, uang tunai, dan kesempatan mission trip. Dalam kesempatan acara ini, seluruh direksi Sarinah hadir dan menyampaikan edukasi sejarah dan perkembangan Sarinah. Narasumber lain yang memberikan edukasi mencakup Tedy Poernomo, Ketua Komunitas Baduy, yang menjelaskan tentang budaya serta masyarakat Baduy, serta perwakilan dari Kementerian Pariwisata yang menjabarkan tentang 10 destinasi wisata prioritas Indonesia. Direktur Utama Sarinah, GNP Sugiarta Yasa, menyatakan bahwa program ini adalah bagian dari upaya Sarinah untuk menegaskan perlunya generasi muda bangsa membangun kemampuan untuk melestarikan dan memajukan warisan budaya Indonesia.

Dengan menggelar acara ini, Sarinah menegaskan kembali sikapnya sejak lama dalam mendukung pengembangan komunitas local melalui pendidikan. Lewat inisiatif semacam ini, Indonesia dapat lebih menunjukkan kualitas kerajinan tradisionalnya serta mengembangkan posisinya di dunia internasional.